Dizaman sekarang ini banyak sekali produk
makanan yang beraneka ragam.Dimulai dari makanan ringan, kue-kue, makanan khas
daerah dan lain sebagainya. Makanan tersebut biasa nya mempunyai ciri khas dan
tampilan rasa yang menarik sehingga tidak sulit untuk memasarkan nya.Dan
sekarang ini begitu banyak cara yang sangat mudah untuk memasarkan suatu produk
barang dan jasa kepada para konsumen.
Salah satu produk pangan home industri yang
saat ini menarik minat para konsumen adalah cupcake.
Di Indonesia sendiri kue yang cantik dan lezat
ini sudah sangat di kenal, walau tidak semua kalangan dapat mencicipi kue yang
satu ini karena harga nya yang kurang bersahabat dengan kantong orang kalangan
menengah.
Disini saya tertantang ingin membuat cupcake
yang cantik dan bercita rasa tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau dan
inti nya cupcake tersebut dapat dinikmati oleh semua golongan, tidak terkecuali
golongan menengah yang mempunyai kantong yang tipis.
Dari sekedar mencoba usaha berskala kecil dan
modal yang tidak begitu banyak, tidak disangka usaha tersebut ternyata dapat
menjanjikan dan dapat memperoleh untung yang lumayan memuaskan.
Di dukung oleh para konsumen yang selalu
memberikan masukan untuk bisa mengembangkan inovasi dari cupcake tersebut, maka
dibuatlah cupcake dengan anekan ragam bentuk , rasa dan warna sehingga cupcake
tidak di kenal sebagai kue yang hanya berbentuk cup dan menggunakan hiasan
whitecream di atas nya saja. Selain itu untuk menjaga kualitas dari cupcake
tersebut kami juga memilih bahan-bahan terbaik dan tentu nya aman di konsumsi
oleh dewasa dan anak-anak.
Ketika kita membuat suatu olahan produk kita
harus memperhatikan beberapa hal , diantaranya adalah :
a. Expired (kadaluarsa)
Suatu produk terutama pangan
pasti memiliki masa kadaluarsa dalam setiap produk nya. Sama saja hal nya
dengan cupcake yang hanya mampu bertahan 1 minggu saja tanpa di simpan dalam
lemari es dan tanpa pengawet makanan.
b. Penampilan produk dan kemasan
Disamping kita harus
memperhatikan masa expired suatu produk kita juga harus memikirkan bagaimana
kita dapat selalu memberikan inovasi – inovasi berbeda pada setiap produk yang
kita pasarkan. Didalam hal ini cucpake mempunyai berbagai macam rasa yang enak
dan tampilan yang berbeda, karena cupcake ini dapat dibuat gambar apa saja yang
di inginkan konsumen diatas cup nya. Kemasan nya pun menarik karena dikemas di
dalam box cantik dan berwarna warni dengan tutup plastik kaca.
Strategi pemasaran yang di
guanakan :
Didalam memasarkan
suatu produk kita membutuhkan sebuah strategi untuk menarik minat para konsumen
sehingga mereka tertarik dengan produk yang sedang kita pasarkan.
Cara yang paling mudah
dalam mempublikasikan produk yang kita tawarkan dengan menggunakan media
elektronik seperti, facebook, twitter, bbm, blog dan banyak lagi media yang
bisa kita gunakan dalam strategi pemasaran diantaranya dengan membuat brosur,
atau bisa juga dengan pengenalan produk dari mulut ke mulut.
Sasaran
Penjualan Produk :
Sasaran bagi
penjualan produk cupcake ini adalah :
-
Para mahasiswa/mahasiswi
-
Para pelajar SLTA/SMA
-
Para pegawai kantor
-
dll
Penetapan harga
dari produk:
Produk yang
digunakan memiliki harga yang memang sudah di sesuaikan dengan biaya produksi
dan harga yang di inginkan oleh konsumen .sehingga harga tersebut sudah sangat
tepat dan pas untuk para konsumen yang ingin menikmati cupcake yang cantik dan
lezat.
Rata-rata per/cup
nya dijual dengan harga Rp.45.000,.
Dan dibuat
per/paket dengan harga :
-
2cup :Rp.90.000,.
-
4cup :Rp.180.000,.
-
6cup :Rp.200.000,.
-
9cup :Rp.250.000,.
-
12cup :Rp.350.000,.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar