Rabu, 07 Mei 2014

Rencana Pemasaran cupcake


Dizaman sekarang ini banyak sekali produk makanan yang beraneka ragam.Dimulai dari makanan ringan, kue-kue, makanan khas daerah dan lain sebagainya. Makanan tersebut biasa nya mempunyai ciri khas dan tampilan rasa yang menarik sehingga tidak sulit untuk memasarkan nya.Dan sekarang ini begitu banyak cara yang sangat mudah untuk memasarkan suatu produk barang dan jasa kepada para konsumen.
Salah satu produk pangan home industri yang saat ini menarik minat para konsumen adalah cupcake.
Di Indonesia sendiri kue yang cantik dan lezat ini sudah sangat di kenal, walau tidak semua kalangan dapat mencicipi kue yang satu ini karena harga nya yang kurang bersahabat dengan kantong orang kalangan menengah.
Disini saya tertantang ingin membuat cupcake yang cantik dan bercita rasa tinggi tetapi dengan harga yang terjangkau dan inti nya cupcake tersebut dapat dinikmati oleh semua golongan, tidak terkecuali golongan menengah yang mempunyai kantong yang tipis.
Dari sekedar mencoba usaha berskala kecil dan modal yang tidak begitu banyak, tidak disangka usaha tersebut ternyata dapat menjanjikan dan dapat memperoleh untung yang lumayan memuaskan.
Di dukung oleh para konsumen yang selalu memberikan masukan untuk bisa mengembangkan inovasi dari cupcake tersebut, maka dibuatlah cupcake dengan anekan ragam bentuk , rasa dan warna sehingga cupcake tidak di kenal sebagai kue yang hanya berbentuk cup dan menggunakan hiasan whitecream di atas nya saja. Selain itu untuk menjaga kualitas dari cupcake tersebut kami juga memilih bahan-bahan terbaik dan tentu nya aman di konsumsi oleh dewasa dan anak-anak.
Ketika kita membuat suatu olahan produk kita harus memperhatikan beberapa hal , diantaranya adalah :
a.       Expired (kadaluarsa)
Suatu produk terutama pangan pasti memiliki masa kadaluarsa dalam setiap produk nya. Sama saja hal nya dengan cupcake yang hanya mampu bertahan 1 minggu saja tanpa di simpan dalam lemari es dan tanpa pengawet makanan.
b.      Penampilan produk dan kemasan
Disamping kita harus memperhatikan masa expired suatu produk kita juga harus memikirkan bagaimana kita dapat selalu memberikan inovasi – inovasi berbeda pada setiap produk yang kita pasarkan. Didalam hal ini cucpake mempunyai berbagai macam rasa yang enak dan tampilan yang berbeda, karena cupcake ini dapat dibuat gambar apa saja yang di inginkan konsumen diatas cup nya. Kemasan nya pun menarik karena dikemas di dalam box cantik dan berwarna warni dengan tutup plastik kaca.

Strategi pemasaran yang di guanakan :
Didalam memasarkan suatu produk kita membutuhkan sebuah strategi untuk menarik minat para konsumen sehingga mereka tertarik dengan produk yang sedang kita pasarkan.
Cara yang paling mudah dalam mempublikasikan produk yang kita tawarkan dengan menggunakan media elektronik seperti, facebook, twitter, bbm, blog dan banyak lagi media yang bisa kita gunakan dalam strategi pemasaran diantaranya dengan membuat brosur, atau bisa juga dengan pengenalan produk dari mulut ke mulut.
Sasaran Penjualan Produk :
Sasaran bagi penjualan produk cupcake ini adalah :
-          Para mahasiswa/mahasiswi
-          Para pelajar SLTA/SMA
-          Para pegawai kantor
-          dll
Penetapan harga dari produk:
Produk yang digunakan memiliki harga yang memang sudah di sesuaikan dengan biaya produksi dan harga yang di inginkan oleh konsumen .sehingga harga tersebut sudah sangat tepat dan pas untuk para konsumen yang ingin menikmati cupcake yang cantik dan lezat.
Rata-rata per/cup nya dijual dengan harga Rp.45.000,.
Dan dibuat per/paket dengan harga :
-          2cup :Rp.90.000,.
-          4cup :Rp.180.000,.
-          6cup :Rp.200.000,.
-          9cup :Rp.250.000,.
-          12cup :Rp.350.000,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar